SEJARAH GURU KEHIDUPAN

Sejarah adalah rekaman kehidupan, sejarah adalah catatan kehidupan bahkan sejarah adalah guru kehidupan. Tidak ada satupun manusia yang hidupnya lepas dari sejarah, kecuali apabila mereka telah lepas dari kehidupan dunia yang fana ini menuju alam keabadian. Kehidupan sendiri pada hakekatnya adalah sebuah proses sejarah perjalanan kehidupan dari semenjak keberadaan manusia dimuka bumi ini hingga berakhirnya kehidupan dijagat raya ini.
Dari sejak nabi Adam as hingga nabi Muhammad saw, telah begitu panjang sejarah kehidupan manusia. Rekaman dan catatan kehidupan dari sejak dulu hingga kini menjadi pengalaman dan pengajaran bagi umat-umat atau generasi-generasi berikutnya. Sepanjang perjalanan sejarah umat manusia sosok para nabi tidak pernah lepas dari pembelajaran sejarah para pendahulunya untuk tidak terulang peristiwa yang menimpa umat-umat terdahulu yang membinasakannya. Dengan berpedoman kepada kitab/petunjuk kehidupan yang diwahyukan Allah kepadanya, sang guru kehidupan ini berusaha memadukan petunjuk kitab dan catatan sejarah masa lampau untuk membimbing umatnya kepada keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhiratnya. Oleh karena itu derajat kenabian dan kerasulan adalah derajat kesempurnaan manusia paling tinggi. Pantas kalau para nabi dan rasul dijuluki sebagai "sang guru kehidupan", sebab para nabi dan rasul merupakan puncak kematangan dan kesempurnaan manusia, model ideal manusia yang menunjukkan dan menyelamatkan manusia dari gelapnya kebodohan dan kerusakan. Mereka adalah orang-orang pilihan yang ikhlas, shalih, jujur dan mendapat petunjuk.
Penyebutan mereka di dalam kitabNya yang mulia, Al-Qur'an, dikemukakan dalam bentuk kisah-kisah yang mempesona. Sekiranya Al-Qur'an tidak menyebut-nyebut mereka beserta hakikat kenabian dan kerasulan mereka, tentu kita tidak akan mengetahui secara benar dan jelas tentang mereka.
Mari kita luangkan waktu untuk menguak kehidupan sejarah masa lampau yang dituturkan Rasul Muhammad SAW melalui Al-Qur'an, sang guru kehidupan hakiki yang kita imani.

Komentar