#MATERI3#Upaya Perang dan Diplomasi dalam Mempertahankan NKRI

Perundingan Linggarjati, Agresi Belanda I, Perundingan Renvile, Agresi Belanda II, PDRI dan Serangan Umum 1 Maret 1949

Anak-anaku sekalian, judul diatas adalah materi ketiga pembelajaran daring

Berkas:Gedung Perundingan Linggarjati, Kuningan001.JPG

Perundingan Linggarjati adalah suatu perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Hasil perundingan ini ditandatangani di Istana Merdeka Jakarta pada 15 November 1946 dan ditandatangani secara sah oleh kedua negara pada 25 Maret 1947.

1). Pertanyaannya : Sebutkan butir kesepakatan hasil Perundingan Linggarjati ? Dari hasil perundingan tersebut, Apa komentar kamu mengenai hasil Perundingan tersebut ?

Berkas:COLLECTIE TROPENMUSEUM Militaire kolonne tijdens de eerste politionele actie TMnr 10029135.jpg

Agresi Militer Belanda I adalah operasi militer Belanda di Jawa dan Sumatra terhadap Republik Indonesia yang dilaksanakan dari 21 Juli 1947 sampai 5 Agustus 1947.

2). Pertanyaannya : Mengapa pihak Belanda membatalkan secara sepihak hasil Perundingan Linggarjati dan kemudian melakukan tindakan Agresi Militer Belanda I ? Bagaimana analisa kamu tentang peristiwa ini ?


Berkas:USS Renville.jpg

Perjanjian Renville adalah perjanjian antara Indonesia dengan Belanda yang diterjadi pada tanggal 18 Desember 1947 sampai 17 Januari 1948 di atas geladak kapal perang Amerika Serikat sebagai tempat netral USS Renville, yang berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Perundingan dimulai pada tanggal 8 Desember 1947 dan ditengahi oleh Komisi Tiga Negara (KTN), Committee of Good Offices for Indonesia, yang terdiri dari Amerika Serikat, Australia, dan Belgia. Perjanjian ini diadakan untuk menyelesaikan perselisihan atas Perjanjian Linggarjati tahun 1946. Perjanjian ini berisi batas antara wilayah Indonesia dengan Belanda yang disebut Garis Van Mook.

3). Pertanyaannya : Apa yang dimaksud Garis Van Mook itu ? dan apa hasil Perjanjian Renvile ! Beri komentar kamu hasil Perjanjian Renvile !

Berkas:Dec48.gif


Agresi Militer Belanda II atau Operasi Gagak (bahasa Belanda: Operatie Kraai) terjadi pada 19 Desember 1948 yang diawali dengan serangan terhadap Yogyakarta, ibu kota Indonesia saat itu, serta penangkapan Soekarno, Mohammad Hatta, Sjahrir dan beberapa tokoh lainnya. Jatuhnya ibu kota negara ini menyebabkan dibentuknya Pemerintah Darurat Republik Indonesia di Sumatra yang dipimpin oleh Sjafruddin Prawiranegara.


4). Pertanyaannya : Mengapa terjadi Perpindahan Ibukota dari Jakarta ke Yogyakarta, dan dari Yogyakarta pindah ke Bukit Tingga Sumatera Barat saat PDRI ? Mengapa 19 Desember diperingati hari Infanteri (Hari Juang Kartika TNI-AD) ?
Berkas:Bidar alam.jpg
Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) adalah penyelenggara pemerintahan Republik Indonesia periode 22 Desember 1948 - 13 Juli 1949, dipimpin oleh Syafruddin Prawiranegara yang disebut juga dengan Kabinet Darurat.

5). Pertanyaannya : Mengapa dibentuk PDRI ? Siapakah Syafruddin Prawiranegara itu ? Mengapa yang jadi Presidennya Syafrudin Prawiranegara ? Cari tahu Biografi singkatnya ! Berkas:Munumen Serangan Umum 1 Maret 1949.jpg

Serangan Umum 1 Maret 1949 adalah serangan yang dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 1949 terhadap kota Yogyakarta secara besar-besaran yang direncanakan dan dipersiapkan oleh jajaran tertinggi militer di wilayah Divisi III/GM III dengan mengikutsertakan beberapa pucuk pimpinan pemerintah sipil setempat berdasarkan instruksi dari Panglima Divisi III, Kol. Bambang Sugeng, untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa TNI - berarti juga Republik Indonesia - masih ada dan cukup kuat, sehingga dengan demikian dapat memperkuat posisi Indonesia dalam perundingan yang sedang berlangsung di Dewan Keamanan PBB dengan tujuan utama untuk mematahkan moral pasukan Belanda serta membuktikan pada dunia internasional bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih mempunyai kekuatan untuk mengadakan perlawanan. Soeharto pada waktu itu sebagai komandan brigade X/Wehrkreis III turut serta sebagai pelaksana lapangan di wilayah Yogyakarta.

6). Pertanyaannya : Mengapa Serangan Umum 1 Maret 1949 dilakukan ? Apa keuntungannya ?

JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN DIATAS BERBENTUK FILE AUDIO VISUAL mp4 !!! 

  INFO KESEHATAN  


Manfaat Peppermint Essential Oil dari Essenzo :

• untuk masalah pencernaan
• mengatasi sakit perut
• mengatasi kembung, mual, dan gangguan lambung
• mengurangi sakit kepala/migrain
• mengatasi nyeri otot
• mengurangi sinusitis
• meringankan alergi
Cara penggunaan :

• jika baru menggunakan pertama kali, dilute/campurkan 2-3 tetes peppermint oil pada kurang lebih 10ml carrier oil (contoh : virgin coconut oil), kemudian oleskan
• jika sudah terbiasa menggunakan essential oil, langsung oleskan 1-2 tetes telapak kaki (tempat dimana titik-titik syaraf berada) atau langsung daerah yang sakit (misal perut, leher, dsb)
• jika menggunakan diffuser, campurkan 2-3 tetes peppermint oil dengan kurang lebih 100ml air.



Untuk Info lengkap KLIK dibawah ini ya...





Komentar